Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam

EnglishIndonesian
KABAR FIKKIA
KABAR FIKKIA
KABAR FIKKIA
Previous slide
Next slide

RUMPIKU : Fokus Kerja Tim PPK Ormawa BEM FIKKIA Desa Watukebo Turunkan Stunting

KABAR FIKKIA – Kolaborasi 14 mahasiswa BEM Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam berhasil membawa mereka lolos pendanaan PPK-Ormawa Kemendikbud 2024. Upaya penurunan angka kejadian stunting menjadi fokus utama yang melibatkan peran aktif masyarakat desa. RUMPIKU menjadi program pemberdayaan masyarakat Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi dalam aktifitas kerja BEM FIKKIA Universitas Airlangga.

Baca Selengkapnya »

FIKKIA UNAIR Siap Integrasikan Kurikulum dan Sertifikasi

KABAR FIKKIA – Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi terus berkomitmen menciptakan lulusan unggul dan berdaya saing. Persaingan dunia kerja yang semakin ketat membutuhkan akademisi untuk memberikan kualifikasi standar lulusan. Peran perubahan kurikulum pendidikan juga harus terus berkembang mengikuti permintaan pasar global. Hal itu lumrah untuk terus bergerak selaras dengan dinamika ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Baca Selengkapnya »

Top Stories

Kado 1 Dekade UNAIR di Banyuwangi, FIKKIA Buka Kedokteran

KABAR FIKKIA – Dalam press release pembukaan pendaftaran Kedokteran FIKKIA pada Kamis (11/7/2024) di Lobby Kampus Mojo FIKKIA. Dekan FIKKIA UNAIR, Prof. Dr. Soetojo, dr. Sp. U(K). mengatakan syarat utama bagi calon mahasiswa harus memenuhi kriteria yaitu tidak buta warna total maupun parsial. Karena hal tersebut menunjang kebutuhan akademik dalam praktik kedokteran. Menyinggung terkait pendaftaran, untuk tahun depan pembukaan kuota mahasiswa akan terus meningkat dan melalui berbagai jalur.

Baca Selengkapnya »

Mahasiswa FIKKIA Raih Juara Terbaik Nasional V KBMK Cabang Penulisan Karya Tulis Ilmiah

KABAR FIKKIA – Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK)  diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kompetisi tersebut tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah.

Baca Selengkapnya »

PPDH FIKKIA UNAIR Terima Akreditasi Minimum LAM-PTKes

KABAR FIKKIA – Program Studi Profesi Dokter Hewan (PPDH) Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi secara resmi telah mendapatkan akreditasi minimum pendirian prodi. Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan Nomor 0021/LAM-PTKes/Akr-PSDB.PTN-BG/Pro/V/2024 tentang Rekomendasi Pemenuhan Persyaratan Akreditasi Minimum dari LAM-PTKes.

Baca Selengkapnya »
Akuakultur

Potensi Daun Kelor Sebagai Anti-Vibrio dan Pengaruhnya pada Pertumbuhan Udang Vanamei

Daun kelor memiliki segudang manfaat yang berguna bagi manusia dan hewan. Kandungan alkaloid, saponin, dan tanin befungsi sebagai antibiotik, antiinflamasi, dan antioksidan. Ketiganya sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit vibrosis yang sering menghantui pembudidaya udang. Penyakit vibrosis disebabkan bakteri Vibrio harveyi dan Vibrio parahaemolyticus. Infeksi bakteri vibrio menyebabkan kematian masal pada udang yang mengakibatkan kerugian pembudidaya.

Baca Selengkapnya »
Berita Utama

Waspada Sindrom Stevens Johnson Kegawatdaruratan Kulit yang Mengancam Jiwa

Sindrom Stevens Johnson (SJS) adalah salah satu kondisi kegawatdaruratan dibidang dermatologi yang ditandai oleh trias kelainan pada kulit, mukosa serta mata yang disertai dengan gejala umum yang berat. SJS seringkali diawali dengan gejala seperti flu, yang diikuti dengan ruam merah atau keunguan pada kulit. Ruam tersebut terasa menyakitkan dan dapat melebar serta melepuh. Selanjutnya, bagian kulit atau membrane mukosa yang terkena sindrom ini akan mengelupas.

Baca Selengkapnya »
Berita Utama

Mengetahui Computer Vision Syndrome dan Dampaknya bagi Kesehatan Mata

Di era digital saat ini, penggunaan berbagai macam bentuk gadget menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Peningkatan ini terutama terjadi pada saat pandemi covid-19 dimana mengharuskan bekerja dan belajar dilakukan secara daring. Screen time yang meningkat saat menggunakan media elektronik ini berkontribusi pada munculnya Computer Vision Syndrome (CVS). Lalu, bagaimana CVS berpengaruh pada kesehatan mata? Berikut penjelasan dr. Yoan Ary Wydianti, Sp.M dosen Prodi Kedokteran FIKKIA UNAIR yang sehari-hari praktik di RS Al-Huda Gambiran Banyuwangi.

Baca Selengkapnya »
Berita Utama

Cedera Saat Wisata dan Olahraga: Panduan untuk Pemahaman dan Pencegahan

Wisata dan aktivitas olahraga memberikan kesempatan luar biasa untuk menjelajahi alam, mengeksplorasi tempat-tempat baru, dan meningkatkan kesehatan fisik. Namun, seperti halnya aktivitas fisik apa pun, terlibat dalam wisata atau olahraga juga membawa risiko cedera orthopedi yang perlu dipahami dan dikelola dengan baik. Berikut ini Dr. Anthoni Yusbida, Sp.OT akan membahas beberapa jenis cedera yang umum terjadi saat wisata dan olahraga. Dokter spesialis orthopedi Prodi Kedokteran FIKKIA UNAIR tersebut sekaligus mengulas langkah-langkah pencegahan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya »