Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam

EnglishIndonesian
MAHASISWA
ORGANISASI MAHASISWA
PRESTASI MAHASISWA
Previous slide
Next slide

Organisasi Mahasiswa

Previous slide
Next slide

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan suatu Organisasi Kemahasiswaan Internal tingkat Fakultas atau Universitas. Tugas BEM adalah menjalankan fungsi eksekutif serta memiliki fungsi sebagai sarana penampung aspirasi mahasiswa dan menjalankan program kerja yang linear dengan visi misi fakultas atau universitas.

Tahun 2024, kepengurusan BEM KM FIKKIA diketuai oleh Asroful Waro’faid Sukamto (Kesehatan Masyarakat 2021) dan Muhammad Khoirul Anwar (Akuakultur 2021) dengan para pengurus lain yang berasal dari jurusan Kesehatan Masyarakat, Akuakultur, dan Kedokteran Hewan dimulai angkatan 2021 sampai 2023. BEM KM SIKIA 2023 memiliki nama kabinet Dabaet Revolusi

Berita Mahasiswa

Akuakultur

RUMPIKU : Fokus Kerja Tim PPK Ormawa BEM FIKKIA Desa Watukebo Turunkan Stunting

KABAR FIKKIA – Kolaborasi 14 mahasiswa BEM Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam berhasil membawa mereka lolos pendanaan PPK-Ormawa Kemendikbud 2024. Upaya penurunan angka kejadian stunting menjadi fokus utama yang melibatkan peran aktif masyarakat desa. RUMPIKU menjadi program pemberdayaan masyarakat Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi dalam aktifitas kerja BEM FIKKIA Universitas Airlangga.

Baca Selengkapnya »
Alumni

FIKKIA Gelar Sosialisasi Jelang Pembukaan PPDH Gelombang I di Banyuwangi

KABAR FIKKIA – Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi segera membuka gelombang perdana pendaftaran mahasiswa koasistensi dokter hewan. Kegiatan sosialisasi pembukaan Program Studi Profesi Dokter Hewan (PPDH) berlangsung hybrid di Ruang Sidang Kampus Giri dan zoom meeting pada Kamis (18/7/2024).

Baca Selengkapnya »
Akuakultur

Biofabrikasi Nanopartikel Emas (Np-Au) Termediasi C. Calcitrans sebagai AHPND Udang Vannamei

AHPND (Acute Hepatopancreatic Necrosis Disease) adalah penyakit kronis hepatopankreas yang dapat menyerang udang vaname pada usia pemeliharaan 30-35 hari. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio parahaemolyticus. Hingga kini, farmasi AHPND masih dalam tahap pengembangan dan masih belum ditemukan obat paling efektif untuk menekan dan menyembuhkan penyebarannya. Antibiotik sebagai antibakteri kimia kurang direkomendasikan karena residu dan resistensi yang dapat terjadi pada udang.

Baca Selengkapnya »
Berita Utama

Perkuat Kolaborasi, Dekan FIKKIA UNAIR Kunjungi Radar Banyuwangi

KABAR FIKKIA – Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi terus mengepakkan sayap jejaring kerjasama. Tak hanya dengan lembaga berskala nasional maupun internasional. Tetapi juga berbagai lembaga lokal untuk terus memperkuat pondasi kolaborasi. Salah satunya adalah rekan media yaitu Radar Banyuwangi. IKKIA UNAIR siap menapaki langkah kerjasama dengan anak perusahaan Jawa Pos tersebut secara berkelanjutan dan lebih erat.

Baca Selengkapnya »
Akuakultur

21 Mahasiswa FIKKIA UNAIR Ikuti Yudisium Periode Juli

KABAR FIKKIA – Laksanakan yudisium periode Juli 2024, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi siap cetak lulusan siap kerja. Total terdapat 21 mahasiswa yang dinyatakan lulus dan siap mengikuti wisuda pada Agustus nanti. Terdiri dari 1 mahasiswa Prodi S1 Kedokteran Hewan, 15 mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, dan 6 mahasiswa Prodi S1 Akuakultur. Kegiatan tersebut terlaksana pada Kamis (11/7/2024) petang di Kampus FIKKIA Mojo.

Baca Selengkapnya »
Akuakultur

Mengulik Teknologi Rekayasa Genetika pada Ikan Sturgeon bersama Peneliti UWM Polandia

KABAR FIKKIA – Pada Senin (08/07/2024) Prodi Akuakultur Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) kedatangan dosen Department of Aquaculture Faculty of Animal Bioengineering, University of Warmia and Mazury in Olsztyn Poland,Prof. Dr. Dorota Fopp-Bayat. Keunikan ikan sturgeon membawa Prof. Dorota mendalami penelitian genetika dan akuakultur.

Baca Selengkapnya »