Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam

EnglishIndonesian

Pesan Dekan FIKKIA

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia dan hidayahNYA sehingga website ini dapat terselesaikan. Adanya website diharapkan dapat memberi gambaran tentang program studi, penelitian, pengembangan akademik dan prestasi mahasiswa kepada masyarakat luas.

Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam Universitas Airlangga (FIKKIA UNAIR) merupakan perkembangan institusi yang sebelumnya bernama Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA). Awalnya FIKKIA didirikan dengan nama Program Studi Diluar Domisili pada tahun 2014-2016, lalu berubah menjadi Program Studi Diluar Kampus Utama di tahun 2017-2021 dan berubah menjadi Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam di tahun 2022, kemudian di tahun 2023 berubah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam Banyuwangi (FIKKIA).

Membawa nama baru, tentunya mengubah status, fungsi, dan tanggung jawab FIKKIA menjadi fakultas. Status baru sebagai fakultas, memungkinkan FIKKIA membuka program studi baru. Rencana kedepannya FIKKIA akan membuka prodi yang serumpun dengan ilmu kesehatan, kedokteran, dan ilmu alam, yaitu Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan.

FIKKIA Unair terus meningkatkan mutu pendidikan melalui program studi yang ada yaitu S-1 Kesehatan Masyarakat, S-1 Akuakultur, S-1 Kedokteran Hewan, dan S-1 Kedokteran. Masing masing program studi memiliki bidang keunggulan antara lain:

  1. S1 Akuakultur : Nutrisi dan Pakan, Bioteknologi Akuakultur, Lingkungan Akuatik, Genetika Reproduksi, dan Kesehatan Ikan.
  2. S1 Kedokteran Hewan : Konservasi Satwa Liar, Forensik Satwa Liar, Analis Morfometrik Hewan, Nutrisi dan Pakan Hewan, Produktivitas dan Reproduksi Ternak, Penyakit Menular Tropis, Pengawasan Penyakit Zoonosis, Resistensi Antimikroba, Ekstral Herbal dan Fitokimia
  3. S1 Kesehatan Masyarakat : Epidemiologi dan Biomedik, Kesehatan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Gizi Kesehatan, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Biostatistika dan Kependudukan, Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Ibu Anak (KIA)
  4. S1 Kedokteran : Analisa Potensi Bahaya dan Risiko Kesehatan Wisata, Pencegahan Permasalahan Kesehatan Perjalanan Wisata, Pengelolaan Trauma dan Kegawatdaruratan, Konseling dan Edukasi Kesehatan Perjalanan dan Aktivitas Wisata, Internalisasi Prinsip Etika Kedokteran dan Sikap Profesional.

FIKKIA UNAIR berkomitmen terhadap pendidikan, pengembangan keilmuan dan pengabdian masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi) dengan dukungan dan kerjasama antar pengambil keputusan, mahasiswa, alumni, masyarakat, serta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Pengembangan keilmuan dilakukan melalui kerja sama dosen dan mahasiswa hingga menghasilkan inovasi unggul. Luaran penelitian berupa publikasi jurnal ilmiah di skala nasional dan internasional. Meluluskan alumni yang berkualitas dan berdaya saing berdasarkan moral pancasila dan excellence with morality.

Semoga website ini dapat memberikan prespektif baru mengenai FIKKIA UNAIR. Menjadi acuan informasi pendidikan bagi calon mahasiswa baru dalam menentukan program studi yang relevan; membuka peluang kerja sama dan kolaborasi; serta memberi manfaat lain baik untuk keperluan akademisi hingga masyarakat umum.