Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam

EnglishIndonesian

UNIT PENDUKUNG

Fakultas Ilmu Kesehatan , Kedokteran dan
Ilmu Alam

Dalam mewujudkan visi menjadi fakultas berbasis ilmu kesehatan dan ilmu alam yang mandiri dan inovatif, FIKKIA UNAIR memiliki enam unit pendukung. Setiap unit merupakan bagian penting organisasi yang menunjang keberlangsungan  pengelolaan tridarma perguruan tinggi yang berkelanjutan, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan.

Unit Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Publikasi

Unit Publikasi Ilmiah, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (UPIPM) melaksanakan tugas pengelolaan publikasi penelitian yang ada di FIKKIA Pengelolaan UPIPM erat berkaitan dengan rekapitulasi capaian publikasi jurnal nasional, jurnal internasional, perolehan Hak Kekayaan Intelektual, dan kemajuan penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam memudahkan rekapitulasi UPIPM dibantu satu koordinator ditiap program studi, dan satu pengelola administrasi. Pelaporan rekapitulasi akan diberikan kepada Satuan Penjamin Mutu (SPM) pertriwulan. 

UPIPM berkordinasi langsung dengan LPPM dan LIPJPHKI dalam pengelolaan publikasi, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ketua UPIPM : Aditya Yudhana, drh., M.Si

Anggota :

  • Hapsari Kenconojati, S.Si., M.Si

  • Ayik Mirayanti Mandagi, S.KM., M.Kes

Unit Komunikasi dan Informasi Publik

Unit Komunikasi dan Informasi Publik melakukan diseminasi informasi publik. UKIP bekerja mengelola informasi kehumasan melalui website, youtube, dan sosial media untuk keperluan promosi dan branding FIKKIA UNAIR.

UKIP berkordinasi langsung dengan DSID dan PKIP UNAIR dalam pengelolaan standarisasi dan pengembangan konten website.

Ketua : Taufan Syahrizal

Anggota : Melati Indah Fibekti, A.Md

Unit Sistem Informasi dan Perpustakaan

Unit Sistem Informasi dan Perpustakaan melaksanakan pengembangan, pengelolaan, dan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi; pengelolaan sistem informasi dan jaringan internet; pengembangan akses sumber informasi cetak dan digital di lingkungan FIKKIA. 

USIP berkoordinasi langsung dengan DSID dan Perpustakaan UNAIR dalam pengembangan sistem informasi, jaringan internet, dan akses jurnal berlangganan.

Ketua : Nur Rahman Ardiansyah, S.Ptk

Anggota : Choirun Nisa, S.IIP

Unit Kemitraan Nasional dan Internasional

Unit kemitraan nasional dan internasionalisasi melakukan tugas untuk mengembangkan kerjasama FIKKIA dengan lembaga-lembaga baik di dalam negeri dan di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas dan kuantitas penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, serta meningkatkan reputasi FIKKIA di kancah internasional.

UKIP berkordinasi langsung dengan AGE dalam meningkatkan jejaring kerjasama nasional dan internasional.

Ketua : Susy Katikana Sebayang, SP., Msc., PhD.

Unit Ikatan Alumni dan Stakeholder

Unit Ikatan Alumni bertugas mengembangkan pelayanan terhadap alumni, membina komunikasi antara  FIKKIA UNAIR, alumni, dan masyarakat.

Unit Ikatan Alumni berkoordinasi langsung dengan IKA UNAIR dalam melakukan pemutakhiran data alumni.

Ketua : Arif Habib Fasya, S.Pi., M.P.

Unit Usaha Akademik

Unit Usaha Akademik bertugas mengembangkan potensi kewirausahaan untuk mendukung perolehan sumber pendanaan FIKKIA UNAIR. Pengelolaan keuangan yang berkelanjutan mengedepankan prinsip good governance coorporate. 

Unit usaha akademik memiliki peran strategis dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, serta memberi dampak besar bagi pelayanan terhadap masyarakat.

Ketua : Suciyono, S.St.Pi., MP

Anggota :

  • Amung Logam Saputro, drh., M.Si.
  • Diansanto Prayoga, S.KM., M.Kes
Unit Laboratorium Terpadu

Unit Laboratorium bertugas melakukan pengelolaan manajemen laboratorium. Menyusun program kerja dan rencana anggaran laboratorium tiap tahun. Melakukan koordinasi dan monitoring pengggunaan laboratorium dengan tiga program studi yang ada di FIKKIA UNAIR

Unit Laboratorium berkoordisasi langsung dengan bagian sarana-prasarana dan koordinator penelitian dalam melakukan pengembangan dan pengelolaan laboratorium.

Ketua : Sri Danardana., S.KH

Anggota : Luailiun Nadliroh, S.Pi

Unit Komisi Etik Penelitian

Melaksanakan pengkajian secara etik, penelitian bidang kesehatan dan kedokteran. Penelitian yang menggunakan subyek  manusia untuk hak, keselamatan dan kesejahteraan manusia yang terlibat dalam penelitian. Termasuk didalamnya yang menggunakan subyek penelitian hewan.

Ketua : Pirlina Umiastuti, dr., MPH.

Unit Kesehatan Pariwisata

Mencetak lulusan dokter berkualitas dengan keunggulan dalam bidang Travel Medicine. 

Ketua : Ivan Rahmatulllah, dr., MPH.