Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam

EnglishIndonesian
MAHASISWA
ORGANISASI MAHASISWA
PRESTASI MAHASISWA
Previous slide
Next slide

Layanan Akademik dan Kemahasiswaan

Kegiatan Mahasiswa

Akuakultur

RUMPIKU : Fokus Kerja Tim PPK Ormawa BEM FIKKIA Desa Watukebo Turunkan Stunting

KABAR FIKKIA – Kolaborasi 14 mahasiswa BEM Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam berhasil membawa mereka lolos pendanaan PPK-Ormawa Kemendikbud 2024. Upaya penurunan angka kejadian stunting menjadi fokus utama yang melibatkan peran aktif masyarakat desa. RUMPIKU menjadi program pemberdayaan masyarakat Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi dalam aktifitas kerja BEM FIKKIA Universitas Airlangga.

Baca Selengkapnya »
Alumni

FIKKIA Gelar Sosialisasi Jelang Pembukaan PPDH Gelombang I di Banyuwangi

KABAR FIKKIA – Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi segera membuka gelombang perdana pendaftaran mahasiswa koasistensi dokter hewan. Kegiatan sosialisasi pembukaan Program Studi Profesi Dokter Hewan (PPDH) berlangsung hybrid di Ruang Sidang Kampus Giri dan zoom meeting pada Kamis (18/7/2024).

Baca Selengkapnya »
Akuakultur

Biofabrikasi Nanopartikel Emas (Np-Au) Termediasi C. Calcitrans sebagai AHPND Udang Vannamei

AHPND (Acute Hepatopancreatic Necrosis Disease) adalah penyakit kronis hepatopankreas yang dapat menyerang udang vaname pada usia pemeliharaan 30-35 hari. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio parahaemolyticus. Hingga kini, farmasi AHPND masih dalam tahap pengembangan dan masih belum ditemukan obat paling efektif untuk menekan dan menyembuhkan penyebarannya. Antibiotik sebagai antibakteri kimia kurang direkomendasikan karena residu dan resistensi yang dapat terjadi pada udang.

Baca Selengkapnya »

Prestasi Mahasiswa

Mahasiswa FIKKIA Raih Juara Terbaik Nasional V KBMK Cabang Penulisan Karya Tulis Ilmiah

KABAR FIKKIA – Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK)  diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kompetisi tersebut tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah.

Baca Selengkapnya »

Mahasiswa FIKKIA UNAIR Ciptakan Beras Analog sebagai Solusi Diabetes Melitus

KABAR FIKKIA – Perhatian dua mahasiswa UNAIR ini muncul ketika melihat keadaan di Kabupaten Banyuwangi banyak menjumpai penderita diabetes. Disisi lain, ketersediaan buah naga di Banyuwangi sangat melimpah. Hasil panen buah naga yang tidak memenuhi standar, mayoritas dikonsumsi oleh petani atau dijadikan bahan campuran pakan pakan ternak. Padahal, jika dikelola buah naga dapat dijadikan bahan campuran beras analog umbi porang. Selain memberi alternatif makanan sehat, keberadaan beras analog membantu menyelesaikan masalah diabates melitus di Kabupaten Banyuwangi.

Baca Selengkapnya »