Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam

EnglishIndonesian

PROGRAM STUDI KEDOKTERAN

Deskripsi Program Studi

Program Studi Kedokteran dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter di bawah Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran dan Ilmu Alam (FIKKIA) UNAIR di Banyuwangi memiliki keunggulan bidang Travel Medicine.  Travel Medicine adalah bidang kedokteran yang mencakup penatalaksanaan masalah kesehatan peripurna sebelum, selama, dan setelah perjalanan bagi para pelancong (pelaku perjalanan domestik dan internasional). Penatalaksanaan peripurna ini meliputi penatalaksanaan masalah kesehatan, pada lima level/ tingkatan (health promotion, specific protection, early diagnosis & prompt treatment, disability limitations, & rehabilitation) yang terkait dengan perjalanan para pelancong.

VISI

Visi program studi adalah Menjadi Program Studi yang menghasilkan dokter yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, entrepreneurship serta humaniora, unggul di bidang Travel Medicine, berdasarkan moral agama.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik kedokteran berbasis kompetensi global, untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berjiwa entrepreneur, yang menjunjung tinggi moral, agama dan etik.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dasar, terapan, dan kebijakan kesehatan yang inovatif dan diakui secara nasional dan internasional untuk menunjang pendidikan, pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat, terutama di bidang Travel Medicine.
  3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran yang berjiwa humaniora dan entrepreneur kepada masyarakat yang berwawasan kesehatan nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif dan berjiwa entrepreneur, yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran, dan kemanusiaan berdasarkan nilai agama, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, terutama di bidang kedokteran wisata.
  2. Menghasilkan penelitian yang unggul dan inovatif yang mampu mendorong ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran, dan kemanusiaan baik dalam lingkup nasional maupun internasional terutama di bidang kedokteran wisata.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan penalaran dan penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta sebagai menghasilkan pemberdayaan masyarakat yang inovatif sehingga masyarakat mampu untuk memecahkan masalah secara mandiri dan terus-menerus terutama di bidang kedokteran wisata.
  4. Menghasilkan tata kelola kelembagaan secara mandiri yang fokus pada keberlanjutan berkualitas dan mampu bersaing di tingkat internasional.
Setelah menempuh pendidikan tinggi di Program Studi S1 Kedokteran diharapkan lulusan menjadi: Dokter dengan meneruskan program pendidikan profesi Dokter , melanjutkan studi, wirausahawan dan dapat membuka praktik sendiri.

Gelar Lulusan

Sarjana Kedokteran ( S.Ked )

Pelaksanaan Program

Purnawaktu

Pelaksanaan Perkuliahan

Di Dalam Kelas

Periode Penerimaan

Bulan Juli Setiap Tahun

Masa Studi

Program Sarjana : 8 Semester

Keunggulan Program Studi

Geliat kegiatan pariwisata di banyuwangi meningkatkan mobilitas penduduk dan perjalanan internasional yang berdampak pada tantangan kesehatan global. Timbulnya penyakit dan penyebaran penyakit menular maupun tidak menular membawa tantangan bagi FIKKIA UNAIR melahirkan tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi Travel Medicine:

  • mampu mengidentifikasi risiko dan permasalahan kesehatan pada populasi pelaku perjalanan, dalam rangka memahami sebaran penyakit dan penangannya;
  • mampu merancang upaya-upaya pencegahan (5 level of prevention: health promotion, specific protection, early diagnosis & prompt treatment, disability limitations, & rehabilitation) permasalahan kesehatan pada perjalanan dan aktivitas wisata (pre, durante, post) ;
  • mampu melakukan tata laksana pengelolaan trauma dan kegawatdaruratan, termasuk cedera olahraga, stabilisasi pada transportasi, maupun sistem rujukan;
  • mampu melakukan konseling dan edukasi terkait perjalanan wisata maupun aktivitas wisata seperti penilaian layak terbang (fit to fly assessment), asuransi perjalanan, informasi repatriasi, perlindungan diri, dan pelayanan medis di daerah destinasi perjalanan.
  • menginternalisasi prinsip etika kedokteran dan sikap profesional dalam konteks kerahasiaan pasien dan integritas profesi medis.

Profil Lulusan

  1. Profesional luhur
    Lulusan dokter mampu melaksanakan praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, dan sosial budaya.
  2. Praktisi yang Mawas Diri
    Lulusan dokter mampu melakukan praktik kedokteran dengan menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, mengembangkan diri, mengikuti penyegaran dan peningkatan pengetahuan secara berkesinambungan, serta mengembangkan pengetahuan demi keselamatan pasien.
  3. Komunikator Efektif
    Lulusan dokter mampu menggali dan bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dengan pasien pada semua usia, anggota keluarga, masyarakat, kolega, dan profesi lain.
  4. Pengelola Informasi
    Lulusan dokter mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan dalam praktik kedokteran.
  5. Praktisi yang berlandasan Ilmiah
    Lulusan dokter mampu menyelesaikan masalah kesehatan berdasarkan landasan ilmiah ilmu kedokteran dan kesehatan yang mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.
  6. Klinisi Terampil
    Lulusan dokter mampu melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain.
  7. Pengelola Masalah Kesehatan
    Lulusan dokter mampu mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, terpadu dan berkesinambungan dalam konteks pelayanan kesehatan primer.
  8. Lulusan yang Unggul
    Lulusan dokter memiliki kompetensi unggulan yang berdasarkan tantangan dunia kedokteran dan pengembangan potensi lokal, serta mencerminkan visi dan misi FIKKIA UNAIR, yaitu unggul dalam bidang Kedokteran Wisata (Travel Medicine).

Modul Kurikulum